Monday, February 22, 2016

3 K untuk Meraih Kesuksesan

Semua orang tak ada yang ingin gagal dalam semua hal dan bidang, mulai dari pendidikan, ekonomi, sosial, bisnis, dan lain sebagainya. Semua orang mempunyai satu keinginan yang sama, yaitu kesuksesan. Berbicara tentang kesuksesan, tentu tak akan terlepas dari yang namanya do'a dan usaha. Karena di dunia ini tidak ada sesuatu yang instan, tentu membutuhkan jembatan/tahapan-tahapan untuk menuju dan mencapai sebuah impian yang berupa kesuksesan itu. Nah, dengan do'a sekaligus usaha keraslah kesuksesan akan segera tercapai.
Paling tidak, ada 3 K yang bisa menjadikan seseorang sukses dengan cepat dan sempurna.  Pertama, Kemampuan. Tuhan yang maha adil, kuasa, pemurah, dll sudah menggariskan nasib seseorang. Baik dari sisi kelahiran, rezeki, jodoh, dan kematiannya memang sudah ditakdirkan oleh-Nya. Namun, perlu diperhatikan bahwa rezeki itu tidak hanya berbau atau berupa material saja, akan tetapi semua hal yang memiliki manfaat bagi makhluk, itu dinamakan rezeki. Lebih-lebih rezeki ideologi islam yang tak ada bandingannya. Dan juga rezeki kemampuan atau skill yang dianugrahkan Allah untuk manusia. Perlu disadari, bahwa setiap manusia pasti mempunyai kekurangan dan keterbatasan,   akan tetapi jangan lupa bahwa manusia juga pasti memiliki kelebihan yang luar biasa yang belum tentu dimiliki oleh orang lain. Sehingga manusia sendiri harus menggali dan mencari potensi yang dimilikinya bila masih belum terungkap. Tatkala sudah ditemukan, maka harus dikembangkan dan diarahkan pada hal-hal kebaikan.
Kedua, Kesempatan. Setiap individu, dalam kehidupan ini juga bisa dipastikan akan memiliki kesempatan baik dalam menambah wawasan dan potensi. Seyogyanya, kesempatan yang ada itu digunakan dengan sebaik-baiknya, karena ada pepatah serta doktrin kuat dalam benak manusia "kesempatan tidak akan datang dua kali". Secara logika, kesempatan yang sedang menemui kita belum tentu akan datang lagi pada suatu hari nanti. 
Ketiga, Kemauan. Setelah dua K diatas terpenuhi, maka yanh harus ada dalam diri manusia itu adalah kemauan. Karena dua hal yang telah saya paparkan diatas tidak akan bermanfaat dan berguna tanpa adanya K yang terakhir, yaitu kemauan. Mayoritas manusia iru hanya sanggup memeliki dua hal yang pertama tadi, dan gagal dalam memenuhi K yang terakhir ini. Banyak argumen serta alasan yang dibuat-buat untuk menghindari kesalahannya sendiri. Padahal tinggal satu langkah lagi dia akan meraih kesuksesan. Angan-angan, keinginan, cita-cita hanya ada dalam benak saja, maka mustahil akan terwujud. Bahkan sampai qiamatpun tak akan pernah terjadi. Oleh karena itu, 3 K tersebut harus dimiliki oleh orang yang benar-benar menginginkan kesuksesan.
Ingatlah ! Bahwa KESUKSESAN itu adalah hak semua orang, bukan hanya hak anak konglomerat atau anak keturunan darah biru saja. Akhir kata, selamat berjuang dan jadilah orang-orang sukses hari ini dan dimasa mendatang !!

No comments:

Post a Comment