Saturday, February 27, 2016

Hari Minggu di CFD

         Kota Malang yang terkenal dengan pendidikannya, ternyata juga sangat berpartisipasi dalam kesehatan masyarakatnya. Disetiap hari minggu, di kota ini mengadakan kegiatan rutin yang bertujuan untuk mencintai hidup sehat yang dibuktikan dengan cinta olahraga. Semua penduduk malang dan juga mahasiswa mengenal kegiatan tersebut dengan istilah “Care Freeday” atau bila disingkat menjadi CFD. Kegiatan tersebut diadakan di sepanjang jalan Ijen Boulevard, jalan yang indah karena dihiasi oleh taman-taman mini dengan beragam bunga dan bentuk. Apalagi bila malam tiba, lampu-lampu yang berwarna-warni dihiaskan pada tanaman dengan bentuk pohon cemara memancarkan cahaya indahnya. Jalan tersebut panjang dan lebar, sehingga para olahragawan bisa menikmati keidahan yang ada disana dan juga udara yang masih segar dan bersih dari polusi udara, baik udara asap kendaraan bermotor atau asap industri. Ujung dari jalan tersebut ditutup oleh pihak polisi, guna untuk memaksimalkan kegiatan dari lalu-lalang kendaraan dan sekaligus memberitahukan kepada pengendara agar tidak melewati area CFD tersebut. Sekitar jam 10.00, kegiatan tersebut selesai dan jalan akan dibuka kembali seperti semula.

        Biasanya pengunjung kegiatan itu berangkat pagi-pagi sekali, bahkan ada juga yang berangkat sesudah sholat fajar, mungkin mereka ingin menikmati suasana sepi terlebih dahulu. Mulai jam setengah lima, para pengunjung sudah memenuhi area tersebut. Mereka mempunyai tujuan masing-masing dan beragam, ada yang memang benar-benar ingin olahraga untuk menyehatkan tubuh dan ada juga yang ingin jalan-jalan saja, entah bersama teman ataupun dengan pasangannya. Kegiatan ini juga mewadahi pameran seni, antraksi, dan senam sehat, tentu ada yang memimpin senam itu agar tertib dan rapi. Anak muda saat ini seringkali jalan-jalan berduaan  ketempat-tempat hiburan seakan sudah bersuami istri padahal masih tidak ada hubungan sah. Ironisnya, mereka tidak malu dengan hal seperti itu, padahal tidak ada yang menjamin jodoh kita itu siapa. Tak heran jika banyak korban dari hubungan yang belum jelas itu, terutama dari kaum hawa. Tapi, sudahlah, karena sebab dan akibat yang mereka lakukan pasti akan sepadan.
        Disana tidak hanya kegiatan olahraga saja yang dilakukan, akan tetapi transaksi jual beli dan promosipun seringkali dijumpai. Tak jarang ada promisi yang berbau bisnis, acara, dan kegiatan ekstrakulikuler yang dilakukan oleh mahasiswa, biasanya mahasiswa UM, UB, dan UIN-lah yang berdomisili. Suatu waktu saya pernah menemui mahasiswa yang mempromosikan alat kosmetik wajah dan kulit, mereka berjumlah enam orang menawarkan produknya kepada semua orang yang berjalan didepannya dengan sapaan ramah dan membagikan pamflet produknya, ditambah senyum manis dengan lebar 7 cm, ;) . Saya dan teman-temanpun pernah berjualan disana. Ketika H-1 bulan kami berjualan beranekamacam gorengan dan kue untuk menambah dana kegiatan HAMAMAH (salah satu proker HMJ Sastra Arab). Awalnya saya dan teman-teman tidak pede untuk melakukan hal tersebut, tapi karena keadaan sudah menuntut maka kamipun menjalaninya dengan penuh semangat dan kesabaran.

No comments:

Post a Comment